Mengenal Gejala Pcd, Ketika Wanita Jadi Sangat Sedih Pasca Bercinta

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Mengenal Gejala Pcd, Ketika Wanita Jadi Sangat Sedih Pasca Bercinta

Mengenal Gejala Pcd, Ketika Wanita Jadi Sangat Sedih Pasca Bercinta

KEPONEWS.COM - Mengenal Gejala Pcd, Ketika Wanita Jadi Sangat Sedih Pasca Bercinta Jakarta -Perasaan bahagia umumnya akan dirasakan wanita pasca bercinta dengan pasangannya. Hormon oksitosin yang diproduksi tubuh setelah bercinta menimbulkan rasa nyaman, tenang dan senang. Namun hub...
Jakarta -Perasaan bahagia umumnya akan dirasakan wanita pasca bercinta dengan pasangannya. Hormon oksitosin yang diproduksi tubuh setelah bercinta menimbulkan rasa nyaman, tenang dan senang. Namun hubungan seks yang terjadi pada dua orang yang saling cinta juga bisa menimbulkan kesedihan bahkan depresi.

Tidak sedikit wanita yang justru merasa sedih bahkan hingga menangis setelah bercinta, sehingga membuat suami bertanya-tanya apa penyebabnya. Rasa yang teramat sedih setelah bercinta, dikenal dengan sebutan Post-Coital Dysphoria (PCD), atau kegelisahan dan ketidakpuasan dalam hidup pasca bercinta.

Mengenal Gejala PCD, Ketika Wanita Jadi Sangat Sedih Pasca BercintaFoto: thinkstock
Gejala PCD biasanya ditandai dengan perasaan sedih yang teramat sangat, melankolis, gelisah dan pergolakan. Kondisi ini juga kerap disebut dengan tristesse; istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan kesedihan yang melankolis. Terkadang kesedihan juga dibarengi dengan rasa galau atau heran.

Ketika merasa sedih yang teramat sangat, tidak selalu berarti karena aktivitas seksual yang kurang menyenangkan. Justru penyebabnya mungkin sebaliknya.

Anda baru saja berhubungan seks dengan seseorang yang sangat dicintai dan sesi bercinta cukup memuaskan. Kesedihan itu muncul karena koneksi secara fisik dan emosional yang terjadi ketika penetrasi seks akhirnya usai. Anda 'terlepas' darinya, dan 'terpisah' lagi.

Mengenal Gejala PCD, Ketika Wanita Jadi Sangat Sedih Pasca BercintaFoto: Thinkstock
Apa yang menyebabkan perasaan mirip itu muncul? Mirip dikutip dari Your Tango, faktor utama ialah fluktuasi hormon.

Ketika mencapai orgasme hormon bahagia mirip endorphin, oksitosin dan prolactin mencapai level tertinggi pada tubuh. Begitu selesai orgasme, hormon-hormon tersebut perlahan menurun. Perubahan hormon ini bisa berefek 'dahsyat' bagi kondisi emosional sehingga pada beberapa wanita akan merasakan kesedihan itu.

Perlu diketahui, sedih atau menangis setelah bercinta ialah hal yang cukup normal. Itu merupakan reaksi alami tubuh terhadap pergantian hormon dan senyawa kimiawi di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sexual Medicine menunjukkan lebih dari 50 persen wanita akan mengalami PCD setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Kalau gejala ini dirasa menjadi gangguan besar dalam kehidupan seks Anda dan suami, atau Anda mengalami PCD secara konstan dan intens yang menyebabkan ketidakpuasan seksual, berarti ada suatu gangguan yang lebih spesifik. Sebaiknya konsultasikan dengan pakar psikoseksual atau terapis seks. (hst/dtg)

Comments