Benarkah Lari Marathon Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Benarkah Lari Marathon Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal?

Benarkah Lari Marathon Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal?

KEPONEWS.COM - Benarkah Lari Marathon Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal? Lari marathon kini menjadi gaya hidup yang sedang naik daun.Banyak sekali event mulai dari peringatan momen tertentu hingga charity menunjukkan lomba lari marathon.Bisa dibilang, lari marathon kini me...

Lari marathon kini menjadi gaya hidup yang sedang naik daun.

Banyak sekali event mulai dari peringatan momen tertentu hingga charity menunjukkan lomba lari marathon.

Bisa dibilang, lari marathon kini menjadi ajang bergengsi yang membuat banyak orang berloba-lomba untuk ikut serta.

Dampak lari marathon untuk kesehatan tubuh tentu tak diragukan lagi, diantaranya membantu menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan jantung, dan membuat tubuh lebih bugar.

Meski Demikian, ada baiknya berhati-hati ketika memutuskan ikut lomba lari marathon.

Pasalnya, lari marathon bisa menyebabkan kerusakan ginjal, karena tubuh kepanasan dan dehidrasi.

Seiring berkembangnya ketenaran lari marathon belakangan ini, penelitian menemukan bahwa 82 persen pelari mengalami cedera ginjal jangka pendek setelah melewati garis finish.

Bahaya itu diyakini peneliti karena dehidrasi dan berkurangnya peredaran darah ke ginjal, sehingga ginjal gagal menyaring limbah dari dalam darah.

Orang-orang yang mengikuti lomba lari marathon umumnya suhu tubuhnya meningkat hingga 40 derajat celcius, menyebabkan tekanan panas dalam tubuh yang kemudian bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Cedera Ginjal Akut yang dihasilkan, ditemukan oleh para peneliti di Universitas Yale, memang hanya bertahan dua hari, namun kondisi sebenarnya, dapat menyebabkan gagal ginjal. Di mana kondisi ini biasanya hanya terjadi pada orang tua yang sakit.

Studi terhadap 22 pelari marathon ini menimbulkan pertanyaan, mengenai dampak jangka panjang seseorang yang melakukan lari marathon hingga 40 kilometer, terlepas dari manfaat penurunan berat badan dan kesehatan pada umumnya.

Benarkah Lari Marathon Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal?

Comments